Paid Surveys

readbud - get paid to read and rate articles
SocialTwist Tell-a-Friend

12 Februari 2010

Hampa

Saat kondisi sudah tak lagi sesuai dengan harapan, kadang kita menjadi lunglai tak tentu arah, tidak ada gairah dan nuansa hidup. Apalagi bila kejadian itu begitu mendadak, sekonyong-konyong, bak disambar geledek, jiwa yang tadinya adem ayem menjadi tersentak seketika.

Semua menjadi musnah dan hampa, apa memang demikian yang terjadi pada setiap manusia atau hanya segelintir orang, bahkan bisa jadi aku sendiri yang mengalami hal demikian. Awalnya aku tidak yakin, namun perlahan mengorek dan mencari informasi yang sepadan dengan apa yang telah terjadi. Nyatanya hampir setiap orang yang kutemui dan berbagi pengalaman hidup, rata-rata mereka pernah mengalaminya, walau kadarnya berbeda.

Sikap adalah kunci segalanya dalam merespon semua peristiwa itu, semakin kita dewasa semakin tinggi pengetahuan tentang hidup dan kehidupan ini, maka semakin tinggi pula nilai yang harus dibayar. Sikap dan kehidupan seolah berbanding lurus dengan kaidah dan nilai-nilai kehidupan.

Saat perahu kehidupan ini menabrak sebuah karang, maka saat itulah saatnya utuk menjadi lebih bijak dan lebih tenang, karena saat itu dibutuhkan pikiran dan energy extra untuk mengantisipasinya. Biarkan semua yang memang telah dan harus terjadi, terjadilah. Ambil nafas panjang renungkan dan biarkan pikiran ini mereduksi semua hal-hal yang telah dilalui.

Bila sudah dirasa lebih tenang dan bisa mengenali segala sumber penyebabnya, maka ber-aksilah sesuai dengan naluri, ajaklah hati kecil berbicara, biarkan mereka menuntun kemana hendak bergerak. Karena hanya itulah guru terbaik yang dimiliki oleh setiap manusia. Teman , sahabat, tetangga, guru bahkan orang tua sekalipun tidak tahu apa-apa tentang diri kita. Kitalah yang lebih faham, lebih mengenali apa dan bagaimana sesungguhnya kita.

Jadi jangan ragu untuk bertindak dan mengambil keputusan guna menentukan sikap agar kehidupan yang kita jalani ini akan bergerak kembali dengan arah yang benar.Apapun tindakan kita guna mencari solusi adalah hal yang terbaik dari pada hanya menunggu dan tidak pernah melakukan tindakan apa-apa. Jangan menyesal dengan keputusan yang telah dibuat, tataplah hidup ini kedepan, karena akan lebih menyesal bila kita tidak pernah melakukan apa-apa.

Semakin cepat menentukan arah, akan semakin baik, semakin cepat berbuat kesalahan, semakin cepat pula kita ke tujuan. Walau kadang begitu besar nilai yang harus dibayar untuk itu semua. Tapi itulah sebuah konsekwensi, hidup ini hanyalah sebuah sebab akibat dari sebuah keniscayaan. Maka jangan biarkan jiwa ini menjadi hampa, kosong tak bermakna.

By : cakyoudee

Artikel Terkait:

Cakyoudee

Top Articles

Widget by ateonsoft.com

  © Hak Cipta 'Dilindungi' Oleh Alloh SWT 2008

Back to TOP